alasan pinjaman online tunaiku ditolak

Onlylaila.com – Sudah melakukan semua yang jadi persyaratan pinjam uang online cepat di Tunaiku, eh aplikasi tersebut malah ditolak. Apa Anda pernah mengalami hal ini? Mungkin tidak, ya! Namun, siapa tahu ada orang di sekitar Anda pernah mengajukan pinjaman KTA di Tunaiku dan merasa semua sudah dipenuhi tapi ditolak aplikasinya.

Penolakan aplikasi pinjaman instan online ini tentunya ada yang penyebabnya. Nah, sebelum Anda juga menerima penolakan dari pengajuan pinjaman di Tunaiku atau di fintech pinjaman online lainnya, ada baiknya Anda ketahui berbagai alasan mengapa pinjaman tersebut ditolak. Dengan begitu, Anda bisa menghindarinya. Apa saja, sih?

1. Informasi Kontak Tidak Bisa Dihubungi

kontak tidak dapat dihubungi

Ketika mengajukan pinjaman, pada umumnya pihak bank atau pemberi pinjaman akan meminta nomor kontak atau telepon yang bisa dihubungi. Tujuannya tentu saja agar pinjaman yang diberikan bisa aman dan Anda tidak lari setelah mendapatkannya. Begitu juga di Tunaiku. Ketika mengajukan pinjaman, Anda juga wajib memasukkan nomor kontak.

Bila nomor kontak atau alamat email yang Anda berikan ternyata tidak aktif, bisa saja pengajuan kredit Anda ditolak. Itu dikarenakan pihak Tunaiku tidak bisa melakukan proses verifikasi data untuk mengetahui apakah Anda layak menerima pinjaman tunai online cepat dari Tunaiku ini.

Jika tak aktif, bagaimana bisa pihak Tunaiku melakukan verifikasi atas pinjam uang online cepat yang Adna lakukan? Jadi, ketika mengajukan pinjaman online di Tunaiku, pastikan nomor ponsel Anda selalu siap sedia dihubungi kapan pun.

2. Memiliki Riwayat Kredit yang Buruk

Selain itu, hal lain yang bisa buat pengajuan pinjam uang online cepat ditolak adalah si peminjam memiliki riwayat kredit yang buruk. Setiap orang memiliki riwayat peminjaman uang di bank bila ia pernah menabung atau paling tidak pernah mengajukan pinjaman di bank sebelumnya.

Nah, riwayat inilah yang ditelusuri pihak pemberi pinjaman ketika melakukan verifikasi data. Biasanya, peringkat yang diberikan pihak bank adalah peringkat satu sampai lima untuk masing-masing nasabah. Jika riwayat pinjaman Anda memiliki peringkat satu atau ditandai dengan angka satu, berarti riwayat perbankan Anda bagus.

Kalau begitu, bila mengajukan pinjam uang online cepat pastinya bisa dengan mudah diterima. Lain ceritanya bila nilai Anda berada di peringkat empat bahkan lima. Jangan berharap banyak pengajuan pinjaman Anda akan disetujui. Kecuali, bila Anda memperbaiki riwayat kredit lebih dulu.

3. Pola Penggunaan Kartu Kredit yang Buruk

Hal lain yang bisa menjadi penyebab pengajuan pinjam uang online cepat di Tunaiku atau fintech lainnya ditolak adalah pola penggunaan kartu kredit yang buruk. Padahal, kebanyakan fintech yang memberikan pinjaman online adalah memiliki kartu kredit. Meski Tunaiku tidak mensyaratkannya, sebenarnya hal ini juga cukup dipertimbangkan.

Jika pola penggunaan kartu kredit Anda buruk misalnya Anda terbiasa menggunakan 70% dana dari limit kartu kredit atau bahkan pengeluaran yang Anda lakukan melebihi limit, maka secara otomatis pengajuan pinjaman Anda akan ditolak. Oleh sebab itu, sebelumnya ada baiknya Anda menggunakan kartu kredit dengan bijak, ya!

4. Mencantumkan Informasi yang Salah

Selain itu, mencantumkan informasi yang salah saat mengisi formulir pengajuan pinjaman di Tunaiku pun juga bisa jadi penyebabnya. Saat mengisi formulir pinjaman, informasi yang akurat adalah harga mati. Jadi, jangan coba-coba membohongi pihak Tunaiku atau tempat Anda meminjam lainnya.

Sebab, ketika melakukan pinjaman, data Anda akan melalui tahap verifikasi terlebih dulu. Jika data yang diberikan tidak sesuai dengan fakta yang ada, maka pengajuan KTA yang dilakukan sudah pasti akan ditolak. Apa contoh pengisian informasi yang salah itu? Bukan hanya mengenai identitas saja, ya! Hal lain juga bisa.

Misalnya saja, ketika mengisi formulir pinjam uang online cepat, Anda mengaku memiliki gaji bulanan sebesar Rp10.000.000,-. Padahal, pada kenyataannya Anda hanya memiliki gaji Rp7.000.000,- saja per bulannya. Hal ini bisa mengganggu verifikasi data. Selain itu, salah menaruh alamat kantor juga bisa jadi penyebab penolakan pinjaman ini, lo!

5. Kemampuan Melunasi Pinjaman Dianggap Kurang

Ketika melakukan pinjam uang online cepat, Anda juga akan dianalisa apakah memiliki kemampuan melunasi pinjaman yang baik atau tidak. Kemampuan ini dianalisa melalui pengecekan yang cukup detail dengan data yang ada pada Bank Indonesia. Apakah sebelumnya Anda memiliki kredit macet atau malah gagal bayar atau tidak.

Tujuan pihak pemberi pinjaman melakukan hal ini sebenarnya sudah jelas, mereka menghindari terjadinya kredit macet yang bisa saja terjadi di kemudian hari. Oleh sebab itulah, ketika mengajukan pinjaman, pihak Tunaiku akan melakukan verifikasi data sebaik-baiknya.

Bukan hanya mencari tahu seberapa besar gaji yang Anda terima, tapi juga status kepegawaian Anda. Bila pinjaman Anda diterima dan ternyata status Anda masih pegawai kontrak, risiko untuk kredit macet pada pinjaman ini akan sangat besar di kemudian harinya.

6. Dokumen yang Diberikan Tidak Lengkap

Penyebab lain pinjam uang online cepat yang Anda lakukan ditolak adalah dokumen yang Anda berikan tidak lengkap atau malah tak terbaca. Saat mengajukan pinjaman daring tanpa jaminan di Tunaiku ini, beberapa dokumen harus Anda lengkapi dan upload untuk prosesnya. Dokumen tersebut seperti KTP, slip gaji, Surat Kterangan Kerja hingga mutasi rekening.

Semja dokumen tersebut harus dikirimkan pada pihak Tunaiku. Jadi, sebelumnya persiapkanlah semua dengan baik dan pastikan semuanya lengkap. Pastikan juga kopinya terbaca dengan jelas sehingga pihak Tunaiku bisa melakukan verifikasi data sebaik-baiknya.

7. Jumlah yang Diajukan Terlalu Besar

pinjaman instan tunaiku dana terlalu besar

Alasan lain kenapa aplikasi pinjaman di Tunaiku yang Anda lakukan bisa ditoal adalah dikarenakan jumlah pinjam uang online cepat yang dilakukan terlalu besar. Untuk pinjaman di Tunaiku, Anda bisa mendapatkan pinjaman antara 2 hingga 20 juta rupiah. Akan tetapi, tidak semua nasabah bisa mendapatkan pinjaman dalam jumlah itu.

Jumlah pinjaman yang bisa didapat akan disesuaikan dengan besarnya penghasilan dan kemampuan Anda membayar cicilan. Nah, bila dirasa pinjaman yang Anda lakukan terlalu besar dan tak seimbang dengan penghasilan Anda, maka pinjaman yang Anda lakukan sudah pasti akan ditolak.

8. Tujuan Penggunaan Dana Tidak Sesuai dengan Ketentuan

Meminjam dana di Tunaiku Anda memang bisa bebas menggunakannya untuk apa saja. Mau dana pinjam uang online cepat digunakan untuk biaya nikah, biaya pengobatan atau renovasi rumah bisa.

Namun, pengajuan bisa saja ditolak bila tujuan penggunaan dana tidak sesuai dengan ketentuan yang ada. Maksud ketentuan itu adalah penggunaan dana dilakukan untuk hal yang dilarang oleh pihak pemberi pinjaman atau tak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan pinjam uang online cepat yang Anda lakukan ditolak. Oleh sebab itu, ada baiknya mulai dari sekarang Anda menghindari penyebab ditolaknya pengajuan pinjaman tersebut. Nah, kalau Anda merasa tak ada masalah dengannya, maka silahkan saja ajukan pinjaman di Tunaiku sesuai dengan kebutuhan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here