makanan khas jawa tengah

Selain memiliki tempat wisata bertaraf international, Jawa tengah juga terkenal dengan berbagai macam olahan masakan khas yang menjadi incaran baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Indonesia memang secara umum memiliki kekayaan kuliner yang sangat banyak, di Jawa sendiri masing-masing wilayah mulai dari Jawa barat, jawa tengah, dan Jawa timur memiliki karakteristik dan makanan khas yang berbeda-beda satu sama lain.

Di Jawa tengah khusus nya memiliki karakteristik makanan dengan bumbu bawang putih sebagai bumbu dominan. Selain itu kebanyakan makanan yang berasal dari jawa tengah menggunakan santan dengan rasa yang tidak terlalu pedas. selain itu, rasa manis juga menjadi rasa yang paling dominan dan disukai orang-orang dari jawa tengah, seperti Gudeg misalnya yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Selain gudeg, ada pula Tongseng ayam  dan sebagainya. Bagi kalian yang tertarik dengan masakan dari Jawa Tengah, berikut kami uraikan beberapa makanan khas Jawa tengah yang paling populer:

  1. Nasi Gandul

nasi gandul makanan khas jawa tengah

Nasi gandul biasa juga disebut dengan nasi uduk yang dibuat dari besar ketan yang diberi santan. Cara penyajian nasi gandul biasanya menggunakan daun pisang sebagai alas untuk menambah cita rasa gurih dan enak. Pada penyajiannya, nasi gandul biasanya di beri tambahan daging sapi atau daging ayam yang sudah di olah sedemikian rupa sebagai lauk makanan ini.

  1. Garang Asem

Meski tipikal masakan Jawa tengah cenderung asin, beberapa masakan yang populer dari daerah ini juga ada yang memiliki rasa yang pedas, salah satu nya adalah Garang Asem. Makanan satu ini merupakan makanan khas dari Jawa Timur yang terbuat dari Ayam yang dimasak bersama Santan. Yang menjadi unik dari masakan ini adalah, ayam yang digunakan terlebih dahulu di bungkus dengan daun pisang sebelum dimasak bersama santan, sehingga Garang Asem menawarkan rasa yang segar yang berasal dari daun pisang, serta rasa peda dari kuah nya sendiri.

  1. Tongseng

makanan khas jawa tengah resep tongseng ayam

Salah satu kuliner kebangaan Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah selanjutnya adalah Tongseng. Tongseng sendiri biasanya bentuk olahan Tongseng kambing, Tongseng sapi dan Tongseng ayam. Namun yang paling umum dan menjadi ciri khas Tongseng khas Jawa tengah adalah Tongseng kambing. Namun bukan berarti Tongseng ayam atau sapi tidak enak. Resep Tongseng ayam khas jawa tengah pun sedikit berbeda dengan Tongseng yang dibuat selain di Jawa Tengah.

  1. Nasi liwet

Deretan masakan khas Jawa tengah selanjutnya adalah Nasi Liwet. Memang tipikal masakan Jawa tengah kebanyakan menggunakan santan dalam pengolahannya. Termasuk pada olahan nasi liwet ini. Nasi Liwet menjadi salah satu masakan Khas Jawa tengah yang cukup dicari dikalangan wisatawan asing maupun lokal. Pada penyajiannya nasi liwet biasanya disantap bersama potongan ayam dan tambahan sayuran seperti labu siam.

  1. Mangut Beong

mangut beong makanan khas jawa tengah

Jika di wilayah Jawa Barat terkenal dengan olahan lele nya. Jawa Tengah pun memiliki olahan ikan yang cukup terkenal yaitu Mangut Beong. Seperti namanya, masakan ini terbuat dari Ikan Beong yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa yang khas Jawa tengah. Ikan Beong sendiri sekilas menyerupai ikan lele, ikan ini banyak terdapat di sungai progo dengan daging yang lezat dan daging yang banyak.

Demikian beberapa jenis masakan khas Jawa Tengah yang populer dengan rasa yang nikmat. Jika kalian kebetulan berkunjung ke wilayah sekitaran Jawa tengah, setidaknya kalian bisa mencoba berbagai hidangan khas yang sudah disebutkan tadi, dijamin rasa dan kualitas masakan di sini tidak akan mengecewakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here