Seleksi CPNS 2018

Onlylaila.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil / CPNS 2018 diperpanjang hingga 15 Oktober 2018. Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah pelamar mencapai 284.740 orang. Pelamar terbanyak berasal dari Universitas Terbuka sebanyak 20.885 orang. Universitas Pendidikan Indonesia memasuki urutan kedua yakni 8.011, dan Universitas Negeri Padang 5.753 orang.

Menurut Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan, mengatakan berdasarkan program studi pendidikan guru SD yang paling banyak mendaftar sejumlah 44.267 orang, kebidanan 31.168 dan pendidikan agama islam 26.902 orang.

BKN memperingatkan bahayanya pertukaran data ketika mendaftar di situs CPNS 2018. Pertukaran bisa terjadi bila mendaftar pada  browser yang sama.

CPNS 2018

“Peserta dipersilahkan menggunakan dua browser yang berbeda (misal : google chorme dan mozilla) bila memakaian perangkat yang sama lebih dari satu orang” cuitan BKN dalam instagram dan twitternya.

BKN telah menyediakan video tata cara pendaftaran CPNS 2018 melalui video ditayangkan di portal sccn.bkn.go.id. Video yang berdurasi 5:23 menit tersebut menayangkan tata cara mulai registrasi.Di video tersebut menayangkan awal mulai registrasi, pemilihan foto, log in, dan cara mengunggah dokumen.

Pada tahun ini, pemerintah memastikan tidak ada kecurangan pada tahun ini termasuk oknum-oknum calon. Maka peserta harus mempersiapkan diri dari sekarang, karena persaingan semakin banyak.

Menurut Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Setiawan Wangsaatmadja, pengamanan di lakukan berlapis-lapis.

BKN

“Kerahasiaan soal CPNS 2018 terjamin dan pengaman ketat. Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018 memilki pulah ribu bank soal yang dienkripsikan. Kami menjaga kerahasiaan soal” ungkap Setiawan.

Sistem Computer Asissted Test (CAT) di gunakan dalam pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan soal akan di acak. Peserta di belakang, di depan, di samping akan mendapatkan soalan yang berbeda.

Begitu peserta menekan tombol “selesai” jawaban akan dikunci dan tidak bisa dirubah kembali. Setiawan kembali menegaskan, peserta tidak usah percaya kepada calo dan mempersiapkan diri  secara maksimal untuk tes CPNS 2018. Selain itu, tempat menunggu dan ujian akan diawasi ketat oleh panitia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here