isolasi diri

Mewabahnya virus Corona memang bulan belakangan ini memang menciptakan perubahan yang sangat signifikan di dalam hidup masyarakat dunia. Mulai diantaranya adalah lebih jarang keluar rumah dan semakin sering menjaga kebersihan. Karena memang pemerintah sendiri mewanti-wanti hal tersebut untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar nantinya bisa terhindar dari penyakit berbahaya yaitu Covid 19. Apalagi sampai sekarang belum ditemukan vaksin yang benar-benar efektif untuk menyembuhkannya.

Masih banyak nyawa yang terus berjatuhan disebabkan oleh penyakit ini, apalagi bagi orang-orang yang tingkat kesadarannya rendah untuk melakukan upaya pencegahan. Padahal sebenarnya tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja nantinya dapat terserang Covid 19. Karena ia tidak membedakan jenis kelamin maupun juga usia. Apalagi dalam kondisi yang cukup parah hal ini juga dapat memicu kematian atau jiwa melayang.

Salah satu hal lain yang patut untuk diketahui ternyata juga ada beberapa diantara kalangan atau orang-orang yang terpapar oleh virus Corona ini tidak merasakan gejalanya. Sehingga mereka disebut juga sebagai carrier atau pembawa. Seorang pembawa ini karena tidak menyadari bahwa sebenarnya ia sedang terpapar oleh virus tersebut, maka kemungkinan besar nantinya juga akan terus menularkan kepada orang lain yang ada disekitarnya tanpa diketahui. Namun setidaknya ada beberapa ciri yang dapat dilakukan untuk mengenali seorang carrier ini. Berikut diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Anosmia, ini adalah sebuah kondisi dimana seseorang akan kehilangan atau berkurang kemampuannya di dalam mencium bau atau aroma-aroma tertentu. Padahal mereka tidak merasakan gejala tengah menderita flu atau sejenisnya. Namun jika sampai mengalami anosmia ini sebenarnya kemungkinan besar tengah terpapar oleh Covid 19 atau menjadi seorang carrier.
  2. Dysgeusia, tak hanya anosmia, kondisi lainnya yang juga bisa mengindikasikan seorang carrier adalah kehilangan kemampuan atau indra perasannya, artinya memang orang tersebut tidak dapat merasakan makanan seperti sebelumnya. Mereka kebanyakan hanya akan merasakan rasa pahit dan juga asin, tidak dengan rasa yang lain.

Waspadai karena 2 ciri di atas menunjukkan bahwa sebenarnya Anda adalah seorang carrier. Apalagi sebelumnya juga memiliki riwayat melakukan perjalanan ke negara atau daerah yang memang tengah terkena wabah Covid 19. Setidaknya adapun juga beberapa gejala umum terkait dengan Covid 19 ini yang patut untuk diketahui sehingga nantinya dapat melakukan deteksi dini, yaitu:

  1. Demam tinggi, tubuh biasanya akan mengalami peningkatan suhu badan atau istilahnya adalah demam. Bahkan tidak tanggung-tanggung juga karena memang untuk suhu tubuhnya bisa mencapai 38 derajat Celcius bahkan juga lebih, jika seandainya tubuh cukup responsif akan hal ini.
  2. Batuk kering, penderita Covid 19 ini umumnya juga akan merasakan gejala lain, tidak seperti flu biasa dimana penderitanya mengalami batuk berdarah. Maka infeksi dari Corona justru akan menyebabkan batuk kering yang tidak kunjung sembuh.
  3. Sesak napas, ketika kondisinya sudah kian parah maka hal ini nantinya akan memicu Anda mengalami sesak napas. Ketika penderita kesulitan dalam bernapas, maka nantinya resiko komplikasi bahkan juga kematian juga akan semakin tinggi.

Ketika sudah mulai merasakan gejalanya langsung melakukan isolasi diri dan hendaknya juga datang ke rumah sakit rujukan dari Covid 19 untuk melakukan pemeriksaan. Apakah Anda memang benar-benar positif terinfeksi virus Corona ini ataukah tidak. Sebaiknya mencegah dari pada mengobati, lakukan upaya pencegahannya mudah lihat di situs Halodoc.

isolasi diri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here