Es Krim Legendaris di Jakarta
Es Krim Legendaris di Jakarta

Onlylaila.com, Jakarta tidak hanya menyimpan tempat-tempat wisata bersejarah tetapi ibu kota ini juga memiliki tempat wisata kuliner legendaris salah satunya adalah Es Krim.

Es krim bukanlah makanan yang sulit didapat. Rasa manis yang ada dalam es krim, mampu membuat siapa saja menyukainya.

Beberapa kedai es krim bersejarah di jakarta ini memiliki cita rasa yang tetap dipertahankan sejak dulu, hal ini lah yang membuat para pelanggan setianya kembali mengingat masa kecil.

Es Krim Tjanang

Es Krim Tjanang Yang Legendaris
Es Krim Tjanang

Toko es krim yang terletak di Hotel Cikini ini sudah eksis sejak tahun 1951. Es krim yang dijual adalah jenis sorbet yaitu es krim yang memiliki bahan dasar gula, telur dan susu. Teksturnya sangat lembut dan memiliki berbagai macam rasa yaitu vanilla, kopi, stroberi, hingga kopyor ada disini.

Presiden Soekarno pernah menyuguhkan es krim tjanang ini kepada tamu kenegaraannya, tepatnya pada acara games of the New Emerging Forces atau Ganefo pada tahun 1963. Tidak hanya untuk tamu kenegaraan, bung karno juga sering memesan es krim ini untuk dinikmati bersama keluarga.

Kini, es krim tjanang hanya dijual dibeberapa tempat, meski tidak memiliki kedai sebesar dulu, es krim ini tetap dicari oleh para wisatawan yang sedang melancong dan melakukan wisata kuliner di Jakarta.

Es Krim Tjanang dijual di Hotel Cikini, Cikini, Jakarta Pusat dan Rumah Makan Leni atau Tshu Ing Kue di Jalan Cikini Raya 50, jakarta Pusat.

Es Krim Italia Ragusa

Es Krim Italia Ragusa Yang Enak
Es Krim Italia Ragusa

Es krim legendaris lainnya yaitu Ragusa. Pembuatan es krim ini dicetuskan oleh sepasang saudara kembar Luigie dan Vincenzo Ragusa. Keduanya adalah warga italia yag datang ke Jakarta tahun 1930. Es krim ini sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 1932.

 Es Krim Ragusa ini memiliki berbagai macam rasa seperti vanilla, coklat, moka, durian hingga aneka buah. Yang menjadi favorit para pengunjung adalah es krim spaghetti. Es krim dibuat seperti bentuk mie dengan taburan kacang dan lelehan coklat. Dahulu, Ragusa memiliki kedai yang tersebar di 20 daerah di jakarta, akan tetapi angka tersebut terus menyusut karena pada saat kerusuhan tahun 1998, banyak kedai Ragusa yang hancur dan dibakar.

Kini, hanya terdapat satu Kedai Es Krim Ragusa yag terletak di Jalan Veteran 1 No. 10 Jakarta.

Es Krim Tjanang dan Ragusta bagaikan harta bagi para penyuka rasa es krim legendaris dan mereka yang menyukai wisata kuliner legendaris karena keberadaan tokonya yang tidak sebanyak dulu. Akan tetapi, cita rasa yang tetap terjaga membuat para pelanggannya rindu pada lalu nya.

 

Suhaimah Irbah R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here