cara menghindari demam berdarah

DBD atau singkatan dari Demam berdarah dengue merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk yang satu ini adalah si pembawa virus dengue. DBD yang terlambat saat dikenali maupun diobati, sangat bisa mengakibatkan perdarahan dan semakin berbahaya.

Saking mengerikan penyakit ini tak jauh berbeda dengan penyakit diabetes yang bisa membahayakan tubuh anda tersebut. Untuk penyakit diabetes, anda bisa langsung klik link :https://www.guesehat.com/terapi-endovaskular-pengobatan-luka-diabetes-tanpa-diamputasi .

Cara Cegah Demam Berdarah

1. 3M

3 M atau yang pastinya sangat familier di lingkungan anda yaitu menguras, menutup, dan mengubur memang sangat perlu dilakukan. Tetapi, hanya mengingat prinsip pencegahan DBD bukan hanya 3 hal tersebut saja.

Nah, untuk cara yang paling utama adalah dengan mengusahakan agar Anda tidak digigit nyamuk pembawa DBD ini, Aedes aegypti. Ini bisa dilakukan dengan menjaga lingkungan tetap bersih, dengan menguras bak mandi seminggu sekali.

Anda perlu menguras dan membersihkan bak mandi minimal seminggu sekali. Hal ini adalah cara pencegahan DBD yang paling utama. Untuk kebiasaan ini, anda dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti di bak mandi.

2. Bersihkan juga wadah penampung air

Tak hanya berhenti sampai di kamar mandi saja, Anda pun perlu menguras dan membersihkan berbagai wadah lain yang ada di lingkungan rumah yang menampung air. Kemudian, apabila ada perabotan seperti baskom, kaleng, vas maupun pot bunga, ember, bisa jadi sarang nyamuk jika tak dibersihkan.

Kemudian, anda bisa buang wadah-wadah yang sudah usang dan tidak terpakai agar tidak jadi tempat genangan air.

3. Pasang kasa dan kelambu

Untuk cegah nyamuk masuk ke dalam rumah, Anda bisa pasang kasa di setiap lubang ventilasi dan jendela.

Kemudian, cara hindari demam berdarah juga perlu dilakukan dengan memasang kelambu di kamar tidur. Anda dapat memasang kelambu dengan model mengelilingi ranjang.

4. Hindari tumpuk baju

Hindari kebiasaan yang satu ini sebagai langkah pencegahan DBD. Baju yang menumpuk atau tergantung begitu lama bisa jadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk. Hal ini karena, nyamuk suka dengan aroma tubuh manusia.

5. Pakai lotion atau krim anti nyamuk

Selanjutnya, anda bisa melindungi diri dengan mengoleskan lotion anti nyamuk. Anda bisa mengenakannya setiap kali akan bepergian keluar rumah atau ke tempat terbuka. Pilih lotion yang mengandung ekstrak serai, lavender, kemudian ada geranium, lemon balm, maupun wangi peppermint. Hal ini karena aroma di atas sudah terbukti tak disukai nyamuk.

Kemudian, apabila Anda juga pakai tabir surya atau sunscreen, oleskan tabir surya terlebih dahulu baru kemudian lapisi dengan lotion anti nyamuk.

Namun, sebaiknya tetap lindungi tubuh anda dengan krim anti nyamuk. Hal ini perlu dilakukan meski Anda sedang di rumah. Kemudian, anda bisa mengoleskan lagi sebelum waktu tidur karena nyamuk demam berdarah pun bisa aktif sepanjang malam.

Prinsipnya, walau bukan sebagai obat demam berdarah anak anda bisa sering-sering mengoleskan krimĀ  dengan berulang kali sepanjang hari. Anda juga menggunakannya di manapun dan kapanpun Anda berada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here