sampah organik

Mengolah sampah organik dan non-organik menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat tentunya merupakan kegiatan baik bagi lingkungan. Sampah adalah sisa kegiatan manusia dalam kegiatan sehari-hari dan bisa juga merupakan proses alam. Banyaknya industri juga menghasilkan sisa produksi yang disebut sampah atau limbah. Apa sajakah yang bisa kita olah dari sampah organik?

Sampah organik merupakan jenis sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup dengan sifat mudah terurai secara alami oleh bakteri. Dampak yang timbul dari sampah jenis ini yaitu pembusukan yang akan menimbulkan bau menyengat. Selain itu sampah ini juga dapat menimbulkan penyakit akibat bakteri.  Akan tetapi sampah organik merupaka sampah yang ramah lingkungan.

Mari kita golongkan sampah jenis organik ini menjadi dua, yaitu yang basah dan kering.  Kategori organik basah merupakan sisa makanan yaitu misalnya pembusukan buah-buahan dan sisa sayuran, sedangkan organik kering yaitu kertas, kayu, ranting pohon, dan daun kering. Keduanya sama-sama memiliki manfaat dalam kehidupan.

Lalu apa sih yang bisa kita buat dari sampah organik? Berikut penjelasannya.

1. Pupuk Kompos

Ini sudah tidak asing lagi mungkin, sejak di sekolah dasar anak biasa diajarkan mengenai jenis sampah dan manfaatnya. Sampah dengan jenis organik sangat memungkinkan untuk di daur ulang menjadi kompos. Ini sangat berguna bagi proses penyuburan tanah dan tumbuhan. Namun sangat disayangkan karena masih banyak orang yang belum tahu bagaiman cara pengolahannya.

Memang dibutuhkan ketelatenan serta harus melalui tahapan yang benar. Jika menginginkan langkah lebih praktis mungkin juga bisa mengolahnya menjadi pupuk sederhana. Yang satu ini memang hanya memerlukan cara praktis yaotu menyiapkan suatu lubang tanah untuk pembuangan sampah jenis organik, kemudian tunggulah hingga sampah tersebut membusuk sampai dengan menyerupai tanah. Maka unsur hara yang dihasilkan tersebut bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman.

2. Pakan Ternak

Tidak hanya sebagai penyubur tanaman, sampah dengan jenis organik yang berbentuk dedaunan juga bisa dimanfaatkan menjadi pakan ternak. Kamu bisa memberikan kepada hewan ternak seperti kambing, sapi dan hewan herbivora lainnya. Selain itu pula bisa dibuat menjadi pelet atau makanan untuk ayam dan ikan.

3. Biogas dan listrik

Sampah jenis organik yang berasal dari tahu, tempe, dan kotoran hewan bisa dibuat menjadi bahan utama membuat biogas. Dalam membuatnya hanya cukup sediakan wadah tertutup sebagai penampungan gas dan ditambahkan air. Jangan lupa untuk diaduk agar mempercepat proses pembuatannya. Dalam pembuatannya dibutuhkan waktu lebih dari dua minggu. Namun bisa juga dengan menambahkan decomposer untuk mempersingkat waktu pembuatan.

4. Kerajinan Tangan

Cara yang satu ini mungkin akan sedikit berbeda, namun tentunya tetap bermanfaat. Beberapa sampah organik juga bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan. Selain bermanfaat kerajinan tangan juga  dapat dijadikan produk yang memiliki nilai jual loh. Misalnya saja enceng gondok yang dikeringkan dan dibakar kemudian diolah menjadi sebuah tas.

Adapula batok kelapa yang umumnya hanya digunakan sebagai bahan bakar ternyata juga dijadikan sebagai peralatan masak seperti centong dan cangkir. Bisa juga potongan kayu, yang tidak hanya dijadikan bahan bakar tapi sebagai hiasan yang diukir.

Wah banyak ya manfaat dari mengolah sampah organik. Yuk kita sama-sama menggiatkan untuk mengolah sampha agar lebih bermanfaat. Selain bermanfaat kita juga bisa lebih menjaga lingkungan dan menjaga bumi loh. Mungkin di awal akan terasa berat, namun kita bisa mencobanya sedikit demi sedikit. Kita bisa mencari referensi bahan dan caranya melalui artikel di media-media online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here