Tips Usaha Properti
Usaha Properti / infobisnisproperti

Onlylaila.com, Usaha properti tanpa modal memang menyenangkan juga menghasilkan uang. Bisnis properti memang bisnis yang tak lekang jaman dan cocok dijalankan bagi siapa saja baik tua maupun muda.

Tapi yang paling sulit yaitu bagaimana cara memulai bisnis properti dengan tepat dan benar agar tidak mengalami kerugian yang besar. Banyak orang menduga kalau bisnis properti adalah bisnis yang membutuhkan modal yang sangat besar sehingga banyak orang yang enggan memulai bisnis ini.

Padahal jika kita tahu, banyak sekali tips cara memulai usaha properti dengan modal yang sangat-sangat minim dan bisa dilakukan saat ini juga.

Tips Bisnis Properti
Bisnis Properti / carajadikaya

Bagaimana cara memulai bisnis properti tanpa modal, modal kecil dan tanpa hutang?

  1. Makelar rumah

Sering-sering lah jalan-jalan ke perumahan disekitar kamu barangkali ada rumah yang dijual. Kamu bisa tanya tetangga, teman atau saudara apabila mereka melihat atau tahu ada rumah yang dijual di linkungan tempat tinggal mereka.

Kalau tidak, kamu bisa jalan-jalan sendiri dan fokus kan di lingkungan perumahan yang baru, biasanya di situ terdapat rumah yang baru dan akan dijual dan belum di iklan kan. Itu adalah kesempatan kamu, kamu bisa menghubungi pemilik rumah dan tawarkan agar kamu bisa menjadi perantara/makelar.

Jika sang pemilik rumah setuju baru foto lah rumah tersebut kemudian posting di berbagai media sosial atau koran, banyak situs online untuk menjual bermacam-macan properti. Kadang ada beberapa pemilik rumah masih banyak yang belum bisa memanfaatkan internet untuk menjual rumah mereka.

Dengan komisi 2,5% dari harga rumah kamu mendapat keuntungan sebesar 5 juta jika rumah tersebut misalnya seharga 200 juta.

  1. Agen properti

Kamu bisa mendaftar menjadi agen properti yang ada di lingkungan tepat tinggal. Dengan keuntungan dari bergabung menjadi agen properti adalah kamu akan mendapatkan informasi secara up to date mengenai properti yang di jual di sekitar lokasi kamu dan kamu juga akan mendapatkan pelatihan dan bimbingan bagaimana menjual properti dan bernegosiasi dengan klien sehingga lebih mudah mendapatkan deal.

  1. Bisnis homestay

Homestay adalah rumah tinggal yang dijadikan sebagai penginapan harian untuk umum. Ada yang rancu dengan menyamakan antara homestay dengan guest house.

Kalau  guesthouse biasanya penginapan untuk tamu-tamu perusahaan. Kata homestay kadang juga disalah gunakan oleh pemilik hotel kecil atau motel yang menyediakan penginapan dengan harga murah.

  1. Membuat situs online mengenai jual beli properti

Kalau kamu mahir bermain internet, kamu bisa membuat situs jual beli properti yang dikekola oleh sendiri. Kalau situs kamu sudah mendapatkan peringkat yang bagus dan di percaya banyak orang, bukan tak mungkin lagi kamu akan mendapatkan kontrak eksklusif menjadi marketing online suatu developer perumahan.

Developer bisa jadi akan meminta kamu sebagai broker dan menjualkan perumahan mereka dengan mengiklankan ke situs kamu, dan kamu akan mendapatkan komisi khusu ketika berhasil menjual per unitnya.

Kemudian ada juga trik bisnis properti tanpa memakai uang sendiri alias memakai uang orang lain.

  • Naikkan harga-turunkan syarat pembayaran

Di sini diasumsikan kamu adalah investor dan telah menemukan properti hot deal yang dijual di bawah harga pasar tetapi kondisi keuangan kamu belum memungkinkan. Lantas bagaimana caranya ?

Katakanlah harga pasar untuk rumah dengan luas dan tipe sama sekitar properti itu berkisar 850 juta, tetapi yang ditawarkan pada kamu hanya 500 juta, nah dengan strategi ini kamu tawar properti itu dengan menaikannya menjadi 525 juta.

Si penjual pasti akan terkejut dengan tawaran yang kamu berikan, dengan kondisi seperti ini kamu bisa melanjutkan negosiasi kamu untuk menurunkan syarat pembayaran menjadi seringan mungkin.

Kalau penjual meminta DP 20% mintalah untuk menurunkan nya menjadi 5% saja atau bahkan tanpa DP sama sekali. Jika dia minta pembayaran DP  setelah satu bulan, mintalah harga pelunasan bisa dilakukan dalam jangka waku 3 bulan atau lebih.

Hal ini dilakukan sebagai timbal balik dari penawaran yang lebih tinggi dari harga yang dia minta dan apabila ada syarat-syarat lain yang memberatkan, negosiasikan sampai seringan mungkin.

  • Pinjam dari penjual

Terkedang pendanaan bank tidaklah cukup untuk menutup seluruh kebutuhan take over asset properti. Tentu yang dimaksud disini bukanlah meminjam secara langsung, melainkan bernegosiasi pembayaran agar kekurangan bisa dilunasi secara bertahan atau dicicil kepada penjual.

  • Gunakan uang sewa yang dibayar di muka

aset bakal investasi kamu sebaiknya adalah properti yang sudah disewa, misalnya ruko yang sudah disewa 5 tahun kedepan misalnya oleh sebuah bank, apartemen yang sudah dikontrakkan untuk jangka panjang atau rumah hunian yang telah tersewa.

Uang sewa properti yang telah dibayar di muka itu dapat kamu jadikan sebagai pengurang harga pembelian atau sebagai DP.

Nah bagaimana mudah bukan untuk usaha properti ini jangan sampai terlewatkan untuk mulai berbisnis sedini mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here