gejala penyakit jantung

Tidak disangka, penyakit jantung pada anak muda ternyata bisa disebabkan karena kebiasaan sehari-hari.

Bersenang-senang adalah bagian dari masa muda yang sayang untuk dilewatkan. Tapi, tak sedikit anak muda yang terlalu berlebihan hingga akhirnya terhanyut dalam gaya hidup atau kebiasaan yang buruk. Padahal, hal tersebut bisa menyeret mereka pada berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung.

Berdasarkan fakta yang dipaparkan oleh dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter, lebih dari 20 persen kasus penyakit jantung dialami oleh orang berusia di bawah 40 tahun. Tak jarang, kondisi tersebut berujung pada kematian mendadak.

Terjadinya penyakit jantung hingga berakhir pada kematian mendadak tentu tak terjadi dengan sendirinya. Ada hal-hal yang menjadi faktor pencetus, termasuk gaya hidup dan kebiasaan buruk yang dilakukan secara berkelanjutan.

Berikut adalah gaya hidup dan beberapa kebiasaan buruk anak muda yang bisa berujung pada penyakit jantung:

  1. Duduk terlalu lama
penyebab serangan jantung duduk terlalu lama

Duduk memang menyenangkan, apalagi bila Anda sedang melakukan tugas harian. Sayangnya, jika Anda duduk terlalu lama tanpa dikombinasikan dengan peregangan atau aktivitas fisik lainnya, ini akan peningkatan risiko penyakit jantung.

American Journal of Preventive Medicine mengungkap bahwa wanita usia pertengahan yang duduk lebih dari 11 jam setiap hari berisiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit jantung.

  • Begadang

Begadang memang asyik jika diiringi dengan makan junk food dan minuman bersoda. Namun, medis sangat tidak menganjurkan perilaku tersebut. Pasalnya, kombinasi antara begadang, makan junk food, dan konsumsi minuman bersoda dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung maupun diabetes melitus.

  • Kebiasaan merokok

Pada sebatang rokok terkandung ribuan zat berbahaya, yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah. Akibat kondisi tersebut, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Jika terjadi secara berlanjut, fungsi jantung akan menurun secara perlahan hingga akhirnya benar-benar terganggu. Ujungnya apalagi kalau bukan penyakit jantung, serangan jantung, atau bahkan gagal jantung.

  • Minum alkohol

Alkohol sama sekali tidak memberikan manfaat pada tubuh. Malahan, minuman jenis ini dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, serangan jantung, stroke, dan sirosis hati.

  • Makan berlebih

Terlalu banyak makan membuat jumlah kalori semakin menumpuk di dalam tubuh. Lama-kelamaan, hal tersebut akan menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas yang merupakan faktor risiko terjadinya gejala penyakit jantung dan serangan jantung.

Mana kebiasaan yang hingga saat ini masih sering Anda lakukan? Segera tinggalkan secara perlahan hingga akhirnya benar-benar terbebas. Terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga secara rutin dan teratur, cukup istirahat, kelola stres dengan baik, hindari rokok dan alkohol, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Dengan ini semua, niscaya Anda akan terhindar dari penyakit jantung, baik di saat muda ataupun ketika menginjak usia tua nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here