tempat wisata di semarang

Bagi masyarakat urban ibu kota, libur adalah waktu untuk menyegarkan pikiran dan menjauh sejenak dari hiruk pikuk Jakarta dan segala kesibukan yang ada. Semarang bisa menjadi salah satu pilihan. Moda transportasi ke sana juga lebih beragam. Perjalanan akan lebih mengesankan jika berangkat dari Jakarta menggunakan pesawat dan balik menggunakan kereta. Selain jadwal, bisa juga lihat harga kereta Semarang Jakarta di sini.

Semarang memang menjadi kota wisata yang favorite bagi semua kalangan. Destinasi yang beragam jadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, seperti wisata sejarah, kuliner, dan juga alam. Bahkan Semarang menjadi kota wisata keempat terbaik versi Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018.

Rekomendasi Destinasi Wisata Semarang yang Tidak Biasa

Mungkin tempat-tempat seperti Lawang Sewu, kelenteng Sam Poo Kong, atau Masjid Agung Jawa Tengah sudah sering dikunjungi dan sudah terlalu mainstream. Tapi, tempat wisata di Semarang gak cuma itu kok. Masih ada banyak lagi tempat yang bisa masuk dalam daftar itinerary selama liburan di sana. Apa saja? Berikut rekomendasinya.

1. Candi Gedong Songo

wisata semarang candi gedong songo

Gedong Songo artinya adalah sembilan bangunan. Meski namanya sembilan, namun di kawasan ini hanya ada lima bangunan saja yang tersisa. Kompleks candi ini berada di kaki Gunung Ungaran yang ditemukan saat masa penjajahan Belanda. Candi ini merupakan warisan peninggalan kejayaan Dinasti Sanjaya sejak abad ke-8 masehi.

Dari kota Semarang, kompleks candi ini berjarak sekitar 31,8 km saja dengan menempuh jalur darat. Candi Gedong Singi terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Selain melihat keindahannya, tersedia juga fasilitas untuk menunggangi kuda dengan memabayar Rp80.000 dan biaya masuk candi hanya Rp 7.500.

2. Taman Nasional Karimunjawa

taman nasional karimunjawa

Mumpung lagi berada di Semarang, jangan lupa buat melipir ke Jepara untuk menikmati liburan di pulau tropis. Sekitar 90 kilometer ke arah utara kota Semarang, ada 27 gugusan pulau yang eksotis untuk dieksplore.

Tidak perlu khawatir mengenai penginapan. Meskipun beberapa pulau ini tidak berpenghuni, namun tetap terdapat homestay di pulau utama. Bisa juga sambil menikmati aneka makanan laut yang segar.

Koleksi fauna dan flora laut di Karimunjawa luar biasa. Sebagai kawasan konservasi, dengan mudahnya akan terlihat terumbu karang, ikan berwarna-warni, hingga aneka burung yang terbang bebas di udara.

Buat yang suka tantangan, bisa mencoba berenang bersama ikan hiu di Pulau Menjangan Besar. Selain itu, ada juga Bukit Joko Tuwo yang menjadi puncak tertinggi di pulau utama sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam Karimunjawa dari atas.

Untuk menuju ke sana, bisa dilakukan langsung dari Semarang ke Karimunjawa, atau via Jepara. Disarankan untuk pilihan kedua. Kapal penyeberangan dari Jepara lebih sering, yaitu setiap Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu. Apabila ingin mendapatkan jadwal penyeberangan paling cepat jam 9 pagi, disarankan untuk berangkat dari Seamrang pukul 05.00 WIB menggunakan bus.

3. Brown Canyon

brown canyon semarang

Lokasi Brown Canyon ini tidak terlalu jauh dari Kota Semarang. Lahan tandus bekas galian ini memiliki daya tarik tersendiri. Lahan proyek yang sudah berusia 10 tahun ini merupakan bekas penggalian pasir, batu padas, dan tanah urug. Galian inilah yang menciptakan lekukan dan patahan yang terlihat alami dan juga tebing yang bentuknya unik. Tampilan inilah yang membuatnya seolah-olah seperti Grand Canyon, Amerika Serikat.

Di sini juga terdapat jalur-jalur untuk trek bersepeda. Namun harus tetap berhati-hati. Pasalnya masih ada truk-truk yang lewat di jalur tersebut.

Sayangnya, tidak ada petunjuk jalan jika ingin berkunjung ke sini. Sebab ini bukanlah merupakan objek wisata yang dikelola secara resmi. Jangan segan untuk bertanya dan pastikan kendaraan yang ditumpangi mumpuni dan dalam keadaan yang baik.

4. Gunung Merbabu

wisata semarang gunung merbabu

Apabila tertarik untuk menyaksikan pemandangan alam yang indah mempesona, tak ada salahnya mencoba menaiki puncak Gunung Merbabu. Keindahan alam yang akan dilihat dari atas membuat banyak pendaki yang memadati gunung ini di akhir pekan.

Medan menuju puncak akan ditempuh selama 9 jam. Ada rute Selo dari Boyolali, rute Wekas, dan Rute Cuntel. Masing-masing rute, berbeda pula kesulitannya. Rute Selo memiliki tingkat kesulitan yang paling kecil dengan pemandangan terbaik, namun tidak ada tempat beristirahat mengambil air.

Bagi pendaki pemula, sebaiknya dipandu oleh yang berpengalaman. Ada banyak pemandu yang dengan mudah bisa dijumpai di sekitar gerbang masuk. Tentu saja akan dikenai biaya tambahan untuk menggunakan jasanya.

Tidak hanya di pagi hari, namun pemandangan di puncak gunung ini saat malam hari juga tak kalah menakjubkan dengan keindahan bintang.

5. Curug Lawe dan Curug Benowo

curug lawe dan curug benowo

Ada dua air terjun termegah di Semarang, yaitu Curug Lawe dan CUrug Benowo. Meskipun menuju dua curug ini tidak mudah, sehingga destinasi ini khusus buat yang menyukai tantangan.

Curug ini terletak di bagian barat Gunung Ungaran. Air terjun ini sudah sejak berabad-abad jadi sumber mata air dan jadi tempat bersemedi bagi warga setempat.

Curug Lawe berada di ceruk dinding tebing setinggi 40 meter di atas permukaan tanah. Pengunjung akan merasakan ketenangan dengan suara gemericik air yang tercipta. Curug Benowo merupakan air terjun bertingkat dengan debit air yang berbeda.

Keindahan alam ini akan membuat energi kamu terisi kembali dan siap menjalani aktivitas dan kesibukan di ibu kota. Pengalaman kamu akan semakin lengkap dengan menikmati pemandangan saat perjalanan balik.

Jika ingin mendapatkan tiket yang murah, rajinlah untuk cek harga tiket terupdate. Jika beruntung, kamu bisa membeli ketika ada promo diskon. Lumayan kan bisa menghemat biaya liburan kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here