Contoh Rumah Murah
Rumah Murah / cohabitat

Onlylaila.com, Kamu tentunya pasti ingin mempunyai rumah idaman dengan desain yang menarik, tetapi pada jaman sekarang apakah masih bisa mendapatkan rumah murah  dan menarik dengan uang yang minim? tentu saja bisa rumah murah minimalis menjadi pilihan selain harga yang terjangkau kamu tidak perlu membeli barang-barang yang kurang penting.

Dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, membangun tempat tinggal impian dengan biaya murah menjadi sangat memungkinkan. Desain rumah modern saat ini memanfaatkan arsitektur bangunan yang berkelanjutan dan efisien secara biaya.

Banyak suami istri yang mempunyai impian untuk mempunyai rumah idaman dan bekerja keras untuk mewujudkannya akan tetapi sekian lama mereka tak kunjung memulai proyek pembangunan rumah tinggalnya tersebut dikarenakan berbagai alasan.

Apakah kamu percaya dengan biaya 25 juta saja kamu sudah bisa memiliki huniah yang layak?

Contoh Rumah Minimalis
Rumah Minimalis / 7desainminimalis

Bangunan rumah murah dengan Rp 25 juta banyak yang terbukti secara teori dan juga fakta di lapangan. Dengan biaya minim kamu bisa mewujudkan impian untuk mempunyai rumah sendiri. Asal kan kamu pandai mengatur anggaran dan pintar dalam memilih bahan utama saja.

Bagaimanakah cara membangun rumah dengan 25 juta ?

Sebelum melangkah lebih jauh kamu sebaiknya ketahui dulu dari mana sumber uang 25 juta tersebut. Jika sudah ada ditangan maka kamu sudah siap membangun rumah. Tapi bagaimana jika kamu yang baru mulai bekerja dengan gaji sekian juta.

Lalu sekarang ingin merencanakan membangun rumah bila uang tabungan telat tersimpan 25 juta, tentu harus dihitung berapa lama kamu mengumpulkan uang 25 juta tersebut.

Katakan gaji kamu selama sebulan itu 3 juta dengan kemampuan menabung setelah dikurangi biaya hidup sebesar 1 juta per bulan. Berarti dibutuhkan waktu selama 25 bulan atau sekitar 2 tahun untuk bisa mendapatkan modal 25 juta. Dengan syarat tidak ada pemakaian mendadak atau darurat.

Perlu di ingat bahwa beberapa tahun mendatang bahan bangunan akan terus naik dan ongos tukang pun akan bertambah mahal. Jadi biaya yang dibutuhkan pun akan terus mingkat dan akan lebih dari 25 juta.

Setelah perhitungan sumber dana maka kamu sudah siap melangkah ke tahap selanjutnya:

  • Desain Rumah

Langkah pertama jelas desain rumah murah yang nantinya akan dibangun bukan gaya yang mewah ataupun berlantai 2. Hilangkan terlebih dahulu obsesi untuk bangun rumah dengan desain yang menghabiskan biaya hingga ratusan juta.

Pastikan hanya bagian yang benar-benar dibutuhkan yang akan dibangun. Untuk kesanan rumah tidak sempit dan kecil, bisa diakali dengan lebar rumah yang lega. Sementara panjang ke belakang bisa dikurangi. Sisakan banyak ruang terbuka hijau sebagai halaman. Ini untuk memberikan kesan megah dan alami meskipun rumah minimalis berbentuk kecil.

  • Tipe Rumah

Pasti saja tipe rumah ataupun ukuran rumah nantinya akan menentukan murah atau mahalnya proses pembangunan rumah tinggal kamu. Rumah tipe 36 dianggap murah pengerjaannya, akan tetapi rumah tipe 45 ke atas akan butuh biaya yang tinggi.

Perhatikan juga luas tanah. Jika kamu ingin buat rumah kecil tapi lahan besar, kamu bisa bangun tipe rumah dengan memperhatikan pembangunan di masa depan.

  • Membeli Bahan Bangunan

Material bangunan merupakan salah satu biaya yang terbesar di dalam membuat bangunan rumah minimalis murah. Sehingga kamu disini harus bisa mendapatkan dengan harga yang lebih rendah daripada harga pasarannya.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan material bangunan dengan harga yang lebih terjangkau. Yakni membel langsung pada produsennya. Bila kamu jeli, beli dengan sistem mencicil juga bisa. Misalnya beli dulu semen, karena harga masih rendah atau di lain hari tetangga ada yang menjual kayu murah.

  • Memperhatikan Upah Tukang Bangunan

Kamu sebisanya mendapatkan jasa tukang bangunan yang cepat proses kinerjanya. Akan tetapi memilih upah yang tak mahal. Kamu dapat langsung mencari daerah kamu dengan cara bertanya pada saudara, teman atau kerabat lainnya.

Lantas memilih system upah harian atau borongan? dalam hal anggaran terbatas maka kamu sebaiknya memilih borongan. Agar harga tetap dan tidak melebihi anggaran. Akan tetapi jika kamu bisa membangun sendiri maka anggaran yang dikeluarkan akan bertambah murah sudah banyak terbukti membangun rumah oleh sendiri mengeluarkan biaya yang sedikit Karen tidak perlu membayar upah tukang bangunan.

Lanjutkan dengan contoh membuat bangunan murah tersebut.

  • Membangun pondasi rumah dengan batuan kali, semen dan pasir dengan biaya Rp 2.5 juta rupiah
  • Membeli tanah dengan harga tanah per meter sekitar Rp 4.5 juta maka diperlukan biaya sekitar Rp 2.160.000 memang mustahil mencari harga segitu di perkotaan carilah dipedesaan akan tetapi tetap tidak jauh dengan tempat kamu bekerja.
  • Untuk membangun lantainya akan membutuhkan pasir, bata dan semen Rp 3 juta rupiah. Sedangkan pembangunan tembok rumahnya ynag membutuhkan pasir, semen, serta batu bata dengan biaya Rp 4 juta rupiah.
  • Biaya membeli kusen, jendela, dan pintu sebesar Rp 2 juta rupiah. Biaya material bangunan atap sekitar Rp 3 juta rupiah. Lalu biaya material bangnan kamar mandi sekitar Rp 1.5 juta rupiah.
  • Untuk upah 2 tukang bangunan kurah lebih selama sebulan Rp 80ribu x 2 x 30 hari = Rp 4,8 juta rupiah. Pemasangan system kelistrikan sendiri membutuhkan biaya Rp 1 juta rupiah.

Jadi total biaya yang kamu keluarkan Rp 25.460.000. Apakah bisa terwujud atau tidak tergantung kondisi banyak hal.

Bagaimana sudah siap membangun rumah murah impian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here