menu mpasi bayi belajar makan

Ketika memiliki bayi memang menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua khususnya ibu dalam merawatnya agar tumbuh dengan baik. Berbagi hal baru harus dipelajari seperti persiapan MPASI, Menu MPASI 6 bulan yang baik, cara menyusui bayi baru lahir dengan benar, merawat bayi yang baik hingga memperhatikan tumbuh kembang si kecil.

Setelah bayi berusia 6 bulan ke atas bayi boleh diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Namun, memberi makan bayi yang baru belajar makan bisa sangat rumit karena bayi memiliki sistem pencernaan yang sangat sensitif. Dengan demikian, sangat penting untuk memberi MPASI pada bayi dengan makanan yang tepat pada awal beberapa bulan pertamanya. Perhatikan komposisi menu MPASI sesuai dengan anjuran gizi yang harus dipenuhi dari WHO atau IDAI.

Berikut ini beberapa pilihan menu bahan MPASI yang baik untuk kesehatan si kecil :

1. Apel

Apel merupakan buah yang enak dan banyak digemari anak-anak. Bunda bisa mengenalkan apel pada si kecil antara usia 6 dan 8 bulan. Mengonsumsi sebutir buah apel sehari memang sangat baik untuk kesehatan bayi.

Salah satu komponen nutrisi terpenting dari apel adalah kandungan seratnya yang berguna untuk membantu kerja usus. Nutrisi lain dalam apel termasuk vitamin A dan E, folat, fosfor, magnesium dan selenium. Ahli gizi merekomendasikan untuk menyajikan saus apel daripada satu buah apel yang padat, sampai bayi berusia 8 bulan.

2. Pisang

Sama seperti apel, pisang juga merupakan MPASI yang baik untuk bayi. Kaya akan potasium, pisang membantu mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh. Kalium juga membantu fungsi otot dan bertanggung jawab untuk relaksasi otot jantung dan irama jantung bayi. Bahkan mengurangi risiko batu ginjal dan osteoporosis di masa depan.

Selain itu, pisang akan mencukupi kebutuhan karbohidrat yang berfungsi menyediakan energi serta serat yang melancarkan saluran pencernaan. Berikut ini cara menyajikan pisang untuk makanan bayi:

3. Alpukat

Salah satu MPASI terbaik untuk bayi adalah alpukat. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang membantu perkembangan otak bayi. Jenis lemak ini juga memberi dorongan energi yang sangat dibutuhkan bagi bayi. Ditambah lagi, kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, alpukat memiliki rasa ringan dan konsistensi halus yang kebanyakan disukai bayi.

4. Pir

Pir adalah buah bergizi yang merupakan MPASI terbaik untuk bayi lainnya. Selain menjadi sumber vitamin, mineral dan antioksidan yang baik, pir cocok untuk sistem pencernaan bayi yang sensitif. Cara menyajikan pir tidak perlu dimasak. Bila sudah matang, pir sangat lembut dan mudah dibuat menjadi bubur yang halus.

5. Wortel

Sayuran akar ini mengandung beta-karoten yang membantu perkembangan kesehatan kulit bayi, penglihatan dan sistem kekebalan tubuh. Wortel juga dilengkapi dengan nutrisi termasuk vitamin C, K dan B8, bersamaan dengan kalsium, folat, kalium, besi, tembaga dan mangan. Berikut ini cara penyajian wortel untuk makanan bayi:

6. Ubi Jalar

Sebagian besar bayi menyukai rasa lembut dan manis dari ubi. Ubi jalar adalah salah satu sumber beta karoten terbanyak yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A penting untuk penglihatan yang baik, kesehatan kulit dan pertumbuhan dan perkembangan bayi secara keseluruhan.

7. Brokoli

Brokoli yang kaya akan vitamin C, serat dan kalsium adalah makanan utama yang baik untuk anak.

Itu tadi menu yang dapat disajikan pada si kecil saat mulai MPASI. Selain asupan nutrisi yang harus terjaga, pastikan juga si kecil beraktifitas dengan riang meskipun menggunakan popok. Gunakanlah popok yang berkualitas baik untuk menemani kegiatan sehari-hari si kecil seperti popok Merries.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here