paket wisata jogja tanpa hotel

Yogyakarta punya banyak sekali tempat wisata yang tak habisnya untuk dikunjungi. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah bagian Selatan, membuat kota Pelajar ini jadi tujuan wisata. Banyak juga yang menawarkan paket wisata Jogja tanpa hotel maupun paket lengkap.

Keuntungan traveling dengan paket wisata ini adalah lebih memudahkan kamu. Jika sudah ikut paket wisata, kamu tidak perlu bingung lagi akan ke mana saat di Jogja. Namun, jika ingin traveling ala backpacker juga tak ada salahnya.

Lalu, apa saja sih tempat-tempat wisata yang harus dikunjungi di Jogja kalo kamu traveling ala backpacker? Berikut list lengkapnya.

1. Jalan Malioboro

Jalan di Yogyakarta ini bagai jadi ikon kota. Kamu tentu gak boleh melewatkan datang ke jalan Malioboro selama berada di sana. Bahkan untuk mengambil foto saja kamu perlu antre dulu. Jalan Malioboro sendiri memiliki arti karangan bunga.

Kuliner di sepanjang jalan ini seperti tak ada habisnya. Kamu akan melihat banyak penjual tas, pakaian, gantungan kunci, sandal, batik, barang-barang unik lainnya yang pas untuk oleh-oleh. Tenang saja, sebab harganya juga murah. Sedangkan di malam hari, sepanjang jalan ini akan dipenuhi penjual makanan lesehan yang sudah jadi ciri khas kota Yogyakarta.

2. Keraton Yogyakarta

Kamu bisa menikmati arsitektur kuno bangunan Keraton Yogyakarta, berkunjung ke museum dengan koleksi barang-barang kesultanan, dan suasana di sekitar keraton jika ke tempat ini. Jika ingin berkunjung ke sini, datanglah sejak pagi. Jam buka Keraton Yogyakarta dimulai sejak jam 8 pagi hingga jam 2 siang.

3. Candi Prambanan

Kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan. Candi ini dihiasi relief dan ukiran di sekeliling candi yang berisi kisah Ramayana dan Krishnayana. Jaraknya agak cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, sekitar 17 km. Sehingga untuk sampai ke lokasi, kamu bisa naik bus.

4. Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah goa yang lokasinya ada di Gunung Kidul. Bentuk goa ini vertikal dengan hutan purba di dalamnya. Jika ingin melihat “cahaya surga”, begitu orang bilang, kamu bisa datang pada pukul 10 hingga 12 siang. Pada waktu tersebut, kamu akan melihat adanya cahaya yang masuk menembus goa. Jika kamu ikut paket wisata Jogja tanpa hotel dan ingin berkunjung ke goa ini, pastikan lokasi wisata ini masuk dalam listnya, ya!

5. Gunung Merapi

Gunung merapi adalah salah satu gunung yang ada di Jogja. Lokasi ini pasti sudah sangat akrab dengan para pecinta alam yang suka mendaki gunung. Keindahan alam saat matahari terbit di puncaknya memang jadi pemandangan paling dinantikan. Untuk masuk kawasan wisata ini kamu cukup membayar Rp 3.000 saja. Murah, kan?

6. Candi Borobudur

Meskipun berada di Magelang, tapi Candi Borobudur masuk dalam wisata yang paling diminati di sekitar Jogja. Candi Borobudur adalah candi Buddha paling besar di dunia. Candi yang berlokasi 40 km dari Jogja ini masih sering dikunjungi biksu yang berziarah.

Candi Borobudur merupakan tempat suci, sehingga saat masuk ke kawasan tersebut, kamu akan dipinjamkan sarung. Relief patung Buddha nya juga merupakan yang terbanyak di dunia.

7. Istana Air Taman Sari

Biasanya paket wisata Jogja tanpa hotel akan menyisipkan istana air taman sari ini dalam list tempat wisata yang akan dikunjungi. Istana air taman sari ini jadi tempat rekreasi sekaligus tempat meditasi yang bisa dikunjungi di Jogja. Udara di sekitar Istana Air Taman Sari ini sejuk, banyak kolam buatan, serta kebun bunga yang wangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here