perlengkapan P3K


Memiliki seorang anak kecil di rumah sama artinya dengan selalu sedia plester luka. Anak kecil adalah individu yang masih begitu aktif bergerak kesana kemari dan bermain-main sesuka hatinya. Bisa jadi suatu ketika mereka terjatuh dan menimbulkan luka. Apakah yang harus Anda lakukan? Tentu saja memberikan plester atau perban pada lukanya. Seberapa perlukan menyediakan plester untuk mengobati luka ini? Dan bagaimana memilih plester yang aman dan nyaman bagi anak?

Pentingnya Menyediakan Plester Luka

plaster luka hansaplast transparant

Plester luka merupakan salah satu alat kelengkapan P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Luka atau kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh sebab itu, memastikan tersedianya pelengkapan ini merupakan satu kewajiban. Plester terbuat dari bahan adesif yang mengandung obat yang ditempatkan pada kulit yang mengalami luka.

Bantalan pada plester mengandung bahan aktif yang bekerja untuk melepaskan ion-ion untuk proses penyembuhan. Ion ini berupa antiseptic yang nantinya akan mencegah kemungkinan terjadinya infeksi pada luka. Anak-anak maupun orang dewasa tidak bisa menghindari sebuah musibah yang bisa terjadi. Dengan adanya plester ini di rumah, Anda tidak perlu khawatir luka yang terjadi pada mereka akan berbahaya.

Berikut ini beberapa manfaat plester luka yang bisa Anda dapatkan.

  1. Merupakan pertolongan pertama jika terjadi luka

Hal pertama yang harus dilakukan jika Anda atau keluarga mengalami luka adalah mencucinya. Pastikan luka bersih dari debu atau kotoran yang menempel saat terjatuh. Setelah luka nampak bersih, Anda bisa mengeringkan luka dengan tisu atau handuk kering baru setelah itu bisa ditempelkan plester luka. Pertolongan pertama ini setidaknya akan  membantu mengurangi resiko yang bisa terjadi jika luka dibiarkan begitu saja.

  1. Mengurangi resiko luka terkena debu dan kotoran

Luka yang terbuka tanpa ditutup dengan plester rawan sekali terkena debu dan kotoran. Hal ini bisa terjadi jika luka ada di area yang tidak tertutup pakaian seperti lutut atau siku. Namun jika luka berada di area yang tertutup pakaian, plester luka akan membantu mengurangi gesekan yang terjadi antara luka dan pakaian yang bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit atau perih.

  1. Mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi

Luka yang tidak diperban rawan terkena bakteri atau virus yang bisa menyebabkan timbulnya infeksi. Jaga luka Anda karena jika bakteri sudah menginfeksi, maka pengobatan yang harus dilakukan akan lebih mahal. Oleh sebab itu, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi lebih baik menggunakan plester untuk menutup luka. Mencegah lebih baik dari pada menyembuhkan bukan?

  1. Membantu anak mengurangi trauma akibat luka yang terbuka

Anak yang terjatuh pada umumnya akan menangis karena sakit yang dirasakannya. Dengan menutup lukanya, sedikitnya Anda dapat mengurangi trauma yang bisa saja muncul. Jika anak terjatuh saat bermain sepeda, bisa jadi ia akan takut untuk belajar bersepeda jika melihat luka di lututnya.

Anda tidak boleh menyediakan plester untuk luka dengan sembarang produk terlebih untuk keluarga. Pastikan Anda hanya menggunakan Hansaplast di rumah. Mengapa harus Hansaplast? Plester luka Hansaplast merupakan salah satu produk pengobatan terbaik yang diproduksi oleh Beiersdorf. Dengan bahan pembuatan yang terbuat dari bahan-bahan terpilih, Hansaplast hadir untuk mengobati luka keluarga Anda.

Produk plester luka Hansaplast ini bisa Anda dapatkan di toko-toko terdekat. Jika ingin melihat lebih jauh mengenai produk ini, Anda bisa melihatnya langsung melalui id.hansaplast.co.id dan dapatkan informasi lebih lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here