Aneka Kue Kering Lebaran
Kue Kering Lebaran / pondokgue

Onlylaila.com, Tak lengkap rasanya bila pada hari raya idul fitri jika tak ada kue-kue kering khas maupun ketupat.

Salah satunya yang paling digemari yaitu kue nastar, kue kering yang pada umumnya berbentuk bulat dengan isi selai nanas ini menjadi salah satu cemilan yang paling popular di Indonesia, dan selalu ada pada saat hari raya lebaran maupun natal.

Kue kering lebaran nastar yang harum, lezat, dan testur nya yang renyah ini selalu membuat para penikmat nya ketagihan.

Mungkin banyak dari kamu yang sudah tahu, ada dua jenis kue kering yang selalu laris diborong pembeli saat hari raya lebaran, yaitu nastar dan kastengel. Wajar saja, cita rasanya yang manis dan gurih ini membuat ketagihan para penikmatnya.

Meskipun harganya relatif lebih mahal kalau dibandingkan dengan jenis kue kering lainnya, tapi kalau memang rasa yang dihasilkan yang enak dan lezat, pasti tetap laris diborong pembeli.

Selain terkenal sebagai salah satu kue kering lebaran, kue nastar juga bisa menjadi cemilan sehari-hari atau kue kering untuk menjamu tamu yang datang ke rumah.

Untuk membeli kue kering satu ini bisa kita jumpai di pasar-pasar maupun tko swalayan menjelang hari raya lebaran bahkan banyak pedagang kaki lima pun berjualan kue nastar dan berbagai kue kering lainnya.

Dengan beragam aneka cara membuatnya dan tentunya dengan tau acara dan bahan yang sangat berbeda pula.

Kue Nastar Kue Kering Lebaran
Kue Nastar / vebma

Nah bagi yang ingin membuatnya sendiri di rumah ini dia resepnya :

Bahan-bahan

  • 400 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung maizena
  • 4 kuning telur
  • 1 putih telur
  • 1 sdt garam
  • 150 gr gula bubuk
  • 250 gr mentega
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 2 kuning telur (untuk olesan)
  • margarin (untuk olesan) dan cengkih batang ( untuk hiasan) secukupnya

bahan selai

  • 600 gr buah nanas parut halus
  • 150 gr gula pasir
  • 5 buah cengkih
  • 3 cm kayu manis

bisa menggunakan yang instan selai nanas yang sudah jadi.

Cara membuat :

  1. langkah pertama mengocok mentega atau margarin dan gula halus selama 3 menit. Kemudian tambahkan kuning telur lalu kocok rata
  2. tambahkan campuran tepung terigu, susu bubuk, dan tepung maizena sambil diayak, kemudian aduk sampai menjadi adonan yang kalis.
  3. Kalau adonan sudah kalis, bentuk bulat, pipihkan lalu isi selai nanasnya di bagian tengah, bulatkan lagi kemudian susun diatas Loyang yang sudah di olesi margarin panggang selama kurang lebih 15 menit dengan suhu 140C-150C.
  4. Oleskan permukaan kue nastar dengan telur jangan lupa beri diatasnya 1 batang cengkeh per satu buah kue nastar
  5. Panggang lagi selama kurang lebih 20 menit dengan suhu 140C. setelah itu angkat dan dinginkan.
  6. Simpan kue kering nastar di dalam wadah kedap udara.

Tips-tips membuat kue nastar

  1. siapkan semua peralatan sesuai kebutuhan. Gunakan Loyang khusus kue kering yang berdinding rendah
  2. pilih bahan baku berkualitas baik karena sangat mempengaruhi rasa, aroma, dan penampilan kue. Khusus untuk tepung, gunakan tepung terigu protein rendah yang cocok untuk membuat kue nastar. Tepung terigu berprotein rendah baik digunakan untuk membuat kue kering yang resepnya memerlukan lemak (mentega atau margarin) dan telur yang tinggi. Tepung terigu berprotein rendah tidak membentuk gluten sehingga kue menjadi renyah
  3. agar adonan tetap lembut dan mudah tercampur rata, ayak bahan kering seperti terigu, baking powder, atau soda kue jika perlu, gula bubuk, dan garam. Tepung untuk kue nastar kalau pakai tepung yang dalam plastic tidak perlu disangrai. Nastar itu kue yang lembab bukan kering, jadi kalau disangrai, takutnya tepungnya terlalu kering, nanti kurang mantap rasanya.
  4. Kocok mentega atau margarin dengan gula rata, kira-kira 3 m3nit. Perhatikan jangan sampai menteganya keluar minyak. Pengocokan yang terlalu lama akan membuat lemak meleleh dan kue akan melebar ke samping saat dipanggang.
  5. Jangan memasukkan bahan kering ke dalam adonan mentega sekaligus. Bagi menjadi tiga tahap, dan aduk rata setiap tahap dengan menggunakan sendok kayu atau pisau pastry dengan gerakan perlahan agar kue tidak menjadi keras.
  6. Perhatikan waktu dan suhu pemanggangan. Oven tidak boleh terlalu panas, suhu cukup 150C-160C disarankan untuk mengenali terlebih dahulu oven yang kamu miliki sekalipun sudah diatur, sebaiknya cek sesekali. Karena terkadang posisi pemanggangan juga berpengaruh pada tingkat kematangan. Proses pematangan kue masih berlangsung, meski kue telah keluar dari oven. Karena itu, kue kering baru matang sempurna setelah betul-betul dingin.
  7. Agar permukaan nastar tidak retak jangan isi selai terlalu banyak. Untuk mempermudah sebelum di pulung, bulatkan dulu selainya. Tips lainnya campurkan ½ sachet bubuk agar putih utuk setiap 1 buah nanas ukuran besar, untuk menhindari retaknya kulit nastar akibat selai nanas.
  8. Untuk menyamai ukuran dari si kue nastar ini, giliran nastar dengan ketebalan yang sama lalu cetak adonan dengan menggunakan cookie cutter yang berbentuk lingkaran. Kalau tidak ada alat tersebut dapat menggunakan gelas dengan lebar mulut gelas yang sesuai dengan ukuran kue nastar.

Gimana mudah kan membuat kue kering lebaran nastar seperti resep diatas yuk cobain sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here