Gaya Hidup Hedonis
Gaya Hidup Hedonis / hoteljen

Onlylaila.com, Perkembangan zaman dan teknologi yang makin maju dan pesat membuat gaya hidup manusia terus berubah mengikuti arus jaman. Dengan perkembangan teknologi tersebut membuat sebagian masyarakat memulai gaya hidup hedonis, dimana mereka memboros-boros kan uang namun digunakan untuk kepentingan yang tak terlalu penting.

kebiasaan atau pola tingkah laku terbaru masyarakat sehari-hari sesuai dengan  tuntutan zaman. Dengan semakin majunya teknologi masyarakat di mudahkan akan segala hal seperti untuk tren mode pakaian yang kekinian kamu hanya tinggal memilih secara online dan menunggunya di rumah. Banyak brand yang kamu ingin kan tersedia di berbagai toko online dan yang pasti mode-mode terbaru sudah dipajang di situs mereka.

Tapi tahukah kamu gaji orang Indonesia mesti bekerja kantoran pun kadang masih tak cukup untuk keperluan sehari-hari, akan tetapi mereka yang hidup hedonis membuang-buang uang gaji mereka selama sebulan untuk keperluan seperti baju brand terbaru, tas ternama dan berbagai barang lainnya.

Bagaimanakah ciri-ciri orang dengan gaya hidup hedonis?

  1. Ingin segala sesuatu yang seba mewah

Orang hedon terbiasa dengan segala sesuatu yang gemerlap alias mewah. Dimana mereka menganggap bahwa kemewahan merupakan hal utama dalam hidup mereka.

Bisa jadi orang-orang yang seperti ini memang sebenarnya mampu secara finansial, bisa juga mereka memaksakan diri untuk terlihat “mampu”, misalkan lebih memilih tinggal di apartemen meski harus mencicil dari pada di rumah sendiri, lebih suka naik taksi daripada naik motor, dan sebagainya.

  1. Pilih-pilih teman

Memang mengesalkan sebeneranya orang yang memiliki gaya hidup hedonis, sebab mereka cenderung selektif alias memilih-milih teman. Mereka sangat menghindari teman-teman yang sekiranya tidak menguntungkan bagi mereka.

Mereka bukan tipe orang yang mau berteman dengan orang-orang yang kurang mampu secara materi, bahkan dengan teman-teman kaya sekalipun jika tidak suka hura-hura, orang-orang hedonis juga tidak mau bergaul dengan mereka. Mereka hanya mau berteman dengan orang-orang yang satu level dengan mereka.

  1. Konsumerisme yang akut

Sifat konsumtif adalah sifat mutlak seorang hedonis, mereka tidak  memiliki skala prioritas. Tak peduli butuh atau tidak, penting atau tidak, maka mereka akan segera berusaha memenuhi keinginan mereka.

Orang yang hedonis juga paling getol dengan diskon, promo dan  sebagainya meski sebenarnya mereka tidak membutuhkan barang tersebut. Tak jarang orang hedonis tidak memiliki tabungan atau investasi apapun selain barang-barang yang mereka beli dan mereka pakai, tak jarang dari mereka yang rela berhutang dengan kartu kredit hanya untuk memenuhi segala kebutuhan mereka.

  1. Cenderung anti sosial dan jauh dari agama

Bagi para penganut gaya hidup hedonis, mereka juga cenderung anti sosial alias tidak memiliki kepekaan sosial. Mereka jarang atau bahkan tidak memiliki kepekaan dilingkungan sosial, mereka jarang bergaul atau sekedar menyapa kepada tetangga mereka hanya memperdulikan diri sendiri atau teman yang menurutnya satu level dengannya.

Mereka juga cenderung jauh dari agama karena biasanya hari-hari atau saat waktu beribadah mereka habiskan waktu di mall atau pun clubbing.

Gaya Hidup Mewah
Gaya Hidup Mewah / shopback

Kamu bisa menghindari gaya hidup hedonis dengan cara berikut:

  • Hidup sederhana

Kesederhanaan adalah awal dari kebahagiaan karena itu, sejak anak-anak masih kecil, beri pengertian bahwa hidup itu sederhana bukan berarti selalu kekurangan, boleh mengikuti perkembangan teknologi tapi ambil bagian positifnya saja.

  • Dekatkan diri kepada Tuhan

Ajaran agama akan menuntun seseorang ke jalan terang, karena itu perbanyaklah beribadah untuk menemukan jalan hidup yang lurus dan tidak mudah tergoda oleh iming-iming kenikmatan duniawi.

  • Bekerja keras

Kamu perlu memahami bahwa hasil bekerja kerasmu selama ini jika membeli barang-barang yang tidak penting akan sia-sia, bekerja keras akan melupakan hal-hal yang kurang penting.

  • Tidak konsumtif

Kamu harus mampu memanfaatkan uang dengan bijaksana. supaya tidak bersikap konsumtif dan menghambur-hamburkan uang untuk berbelanja kebutuhan yang tidak perlu. Kamu juga harus mamilah mana kebutuhan primer dan mana kebutuhan sekunder.

  • Jangan selalu menuruti keinginan

Jangan selalu menuruti keinginan karena nafsu duniawi untuk membeli barang-barang bagus dan mewah adalah keinginan setiap orang.

  • Selalu bersyukur

Terkedang lesulitan hidup yang sedang dihadapi dapat membuat seseorang menjadi lebih rendah serta penuh syukur.

Karena nya syukuri apa yang sudah kamu dapatkan selama ini.

  • Berhati- hati dalam memilih teman

Tidak semua orang bisa dijadikan teman. Banyak orang yang memanfaatkan kita untuk memberikan mereka pinjaman untuk melakukan gaya hidup hedonis ala mereka, sebaiknya hindari atau terbawa-bawa dengan lingkungan hedonisme.

  • Tidak mudah merasa iri terhadap orang lain.

Jika teman atau kerabt mu mempunyai sesuatu atau barang yang baru janganlah merasa iri dengan apa yang mereka miliki sudah dijelaskan diatas kita harus bersyukur atas apa yang telah kamu miliki.

Itulah beberapa cara menghindari gaya hidup hedonis, syukuri apa yang telah kamu miliki karena tuhan pun tidak mengajarkan kita untuk hidup di dunia dengan berfoya-foya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here