tips memilih colocation server

Colocation merupakan layanan berupa tempat penitipan server dalam sebuah data center dengan standar keamanan fisik dan infrastruktur tertentu. Dibandingkan dengan membuatnya sendiri, menggunakan layanan yang disediakan oleh sebuah jasa akan lebih menguntungkan bagi perusahaan. Jika membangun fasilitas sendiri, Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup besar setiap bulannya karena membangun dan merawatnya tidaklah mudah. Berbeda dengan menggunakan jasa yang menyediakan layanan ini maka biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit.

5 Tips Memilih Colocation Server

Karena dibutuhkan oleh banyak pelaku bisnis, jasa penyedia colocation bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai wilayah Indonesia. Jika salah memilih jasa bisa saja operasional perusahaan akan terganggu dan malah merugikan perusahaan Anda. Untuk meminimalisir kesalahan, berikut ini adalah 5 tips yang harus Anda perhatikan sebelum menentukan pilihan:

1. Memiliki Reputasi yang Baik

Reputasi perusahaan penyedia merupakan hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memilih. Reputasi yang dimiliki berpengaruh terhadap baik atau tidaknya layanan yang diberikan. Perusahaan dengan reputasi baik memiliki riwayat pelayanan yang baik pula. Mereka akan mendapatkan kepuasan konsumen dan banyak konsumen yang mengenalnya. Pastikan terlebih dahulu reputasi yang dimiliki memuaskan sebelum melakukan kerjasama.

2. Menawarkan Stabilitas Jaringan yang Baik

Stabilitas jaringan sangat berperan penting terhadap perusahaan Anda. Dengan jaringan yang stabil maka layanan yang Anda berikan kepada konsumen akan lebih baik. Jasa penyedia colocation yang memiliki stabilitas jaringan terbaik harus Anda pertimbangkan karena bisa mempengaruhi perusahaan juga. Selain itu, aktivitas perusahaan akan jauh lebih mudah dengan jaringan yang stabil. Jaringan yang tidak stabil menyebabkan data tidak bisa diakses dengan cepat sehingga pekerjaan terganggu.

3. Menawarkan Koneksi Internal dan Koneksi Eksternal yang Baik

Operasional perusahaan juga tergantung pada koneksi internal dan koneksi eksternal yang dimiliki. Kedua hal tersebut juga mendukung kelancaran website perusahaan sama seperti jaringan. Tidak semua jasa penyedia layanan ini menawarkan koneksi internal dan koneksi eksternal yang baik. Anda harus memilih dengan teliti agar tidak merasa dirugikan ketika sudah menggunakan jasanya. Lakukan perbandingan pada beberapa jasa sehingga Anda bisa mendapatkan layanan terbaik untuk memaksimalkan bisnis agar semakin berkembang.

4. Memberikan Jaminan Keamanan Tinggi

Server sebagai aset perusahaan yang sangat penting harus dijaga keamanannya agar tidak mendapatkan masalah. Ada cukup banyak masalah yang bisa mengganggu kinerja server sehingga pekerjaan yang seharusnya dikerjakan dengan baik tidak dapat diselesaikan. Untuk menjaga keamanan server, Anda membutuhkan bantuan dari layanan colocation. Layanan tersebut merupakan tempat yang tepat untuk Anda menyimpan server di data center.

5. Memberikan Harga yang Terjangkau

Harga menjadi hal yang patut untuk dipertimbangkan karena berpengaruh pada anggaran dana perusahaan Anda. Layanan dengan harga yang terjangkau akan menguntungkan Anda karena anggaran perusahaan akan lebih rendah. Namun yang harus Anda pastikan adalah harganya harus sesuai dengan kualitas. Jangan menerima tawaran harga rendah dengan fasilitas seadanya. Carilah jasa yang memberikan harga terjangkau namun dengan kualitas yang cukup baik untuk digunakan.

Anda tidak perlu membuat rak server sendiri dan memilih lokasi yang tentu saja lebih rumit serta membutuhkan banyak biaya jika dapat memilih jasa dengan benar. Agar tidak salah saat memilih, Anda bisa memanfaatkan layanan colocation yang ditawarkan oleh NEX. Selain memberikan layanan yang memuaskan, mereka juga menawarkan harga terjangkau untuk mendukung bisnis Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here