raja backlink

Dalam dunia SEO (Search Engine Optimization), backlink adalah istilah yang sudah umum diperbincangkan. Namun, istilah ini masih terdengar asing sehingga sering dipertanyakan oleh siapapun yang baru belajar SEO. Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mendapatkannya, salah satunya dengan memanfaatkan jasa backlink.

Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mendapatkan backlink, ada baiknya untuk mengetahui apa itu backlink dan fungsinya bagi website atau blog.

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah istilah yang jamak disebut, didiskusikan, bahkan ditransaksikan oleh blogger maupun webmaster yang sudah lama berkecimpung di dunia SEO.

Backlink merupakan tautan berupa link dari suatu blog atau website ke website milik kamu dengan menyisipkan link pada text tertentu. Jika anchor text tersebut diklik, maka link akan mengarahkan user ke website kamu atau ke halaman tertentu.

Lebih lanjut, mungkin kamu juga sering dengar link Dofollow dan Nofollow. Lalu, apa itu?

Singkatnya, secara umum atribut backlink ini terdiri dari 2 atribut tersebut.

  • Atribut link Do-follow

Maksud dari do-follow ini adalah tanda berupa perintah bagi Google Bot untuk mengikuti tautan tersebut dan mengindeksnya.

  • Atribut link No-follow

Jika link atau tautan tersebut no-follow, maka merupakan tanda bagi Google Bot untuk tidak mengikuti link tersebut, sehingga tidak akan terindeks.

Fungsi Backlink bagi Website

Backlink berfungsi sebagai salah satu cara untuk membuat website kamu lebih populer, sehingga google menilai blog atau website kamu berkualitas.

Dalam dunia SEO, optimasi website bisa dilakukan secara on page dan off page. Backlink menjadi bagian optimasi off page atau optimasi yang dilakukan di luar website atau blog kamu sendiri. Logikanya, semakin banyak backlink yang website kamu dapatkan, semakin populer website kamu di mata user dan robot Google, secara tidak langsung juga akan membuat traffic website kamu meningkat. Tapi ingat, backlink yang kamu dapatkan haruslah yang berkualitas, berasal dari website terpercaya, bukan dari website yang punya reputasi buruk di mata Google Bot.

Namun, jangan lupakan on page website kamu sendiri. Jika isi artikel di blog kamu tidak berkualitas dan menarik, tentu fungsi backlink ini menjadi sia-sia. User yang masuk ke blog kamu akan pergi secepat kilat seketika melihat isi blog yang tidak menarik. Sehingga Google menganggap blog kamu tidak berkualitas.

Cara Mendapatkan Backlink

Sebenarnya ada banyak cara yang dilakukan untuk menapatkan backlink, mulai dari yang gratis hingga berbayar seperti request ke jasa backlink yang tentunya berkualitas. Berikut beberapa tips yang masih bisa kamu lakukan di tahun 2020 ini.

  • Social Media

Bukan hal baru lagi jika banyak sekali blogger membagikan tautan postingannya di social media seperti Instagram, twitter, maupun Facebook. Dengan menerapkan ini, website kamu akan mendapatkan manfaat secara langsung berupa traffic dari followers yang klik link yang kamu bagikan.

  • Blog Comment

Ini termasuk yang paling mudah dan banyak dilakukan oleh para blogger, yaitu dengan menyisipkan link saat komen di blog atau website tertentu. Atau istilah yang lebih akrab dikenal dengan blogwalking. Biasanya ini dilakukan oleh sesama blogger.

Tapi jika kamu hanya bertujuan menyisipkan link saja tanpa melihat relevansinya dengan link postingan kamu, bisa saja dianggap sebagai spam comment. Pemilik blog dapat dengan mudah menghapus komen kamu. Hemat waktu dan tenaga dengan blogwalking ke website yang punya topik dan bahasan yang sama.

  • Manfaatkan Website-website Gratis

Ada banyak sekali website yang bisa kamu manfaatkan untuk menyisipkan tautan ke website kamu. Seperti about Me, Medium.com, Youtube.com, Scribd, atau kompasiana.com. Menulislah mengenai topik tertentu yang menarik, lalu sisipkan link menuju website kamu.

  • Private Blog Network (PBN)

PBN merupakan salah satu teknik SEO dengan memanfaatkan expired domain bekas website berkualitas untuk memberikan backlink ke website kamu. Namun, selain cara ini dinilai abu-abu (gray hat), cara ini juga butuh biaya dan usaha yang cukup tinggi. Sehingga bagi kamu yang baru menekuni SEO dan masih kekurangan ilmu, cara yang satu ini akan sangat sulit dilakukan. Sebab, jika salah-salah, bisa jadi malah website kamu bisa di banned Google.

  • Content Placement

Cara yang satu ini biasa dikenal dengan jenis backlink berbayar. Sebenarnya bisa dilakukan dengan blogger kenalan kamu dengan tujuan untuk saling mengoptimasi website masing-masing. Namun, jika kamu ingin mendapat backlin berkualitas, ada baiknya untuk menggunakan jasa backlink saja, seperti rajabacklink.com, misalnya. Biasanya backlink yang diberikan lebih berkualitas karena berasal dari website atau blog yang punya reputasi lebih baik.

Hal yang perlu diingat adalah membuat backlink dengan senatural mungkin agar disukai oleh Google. Meskipun kamu menggunakan jasa backlink, usahakan untuk menargetkan keyword yang relevan dengan website kamu dan terapkan cara-cara yang lebih “human”. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here