tips mencari dokter kandungan

Tidak sedikit pasangan yang bingung memilih dan menentukan dokter kandungan yang tepat untuknya. Hingga harus berganti-ganti dokter selama kehamilan. Selain meminta rekomendasi teman, sekarang bisa lihat langsung profile dokter di SehatQ.com.

SehatQ ini merupakan perusahaan rintisan (startup) sebagai penyedia layanan kesehatan yang sudah ada sejak November 2018. Kemudian, pada 25 September 2019 lalu, perusahaan ini resmi meluncurkan aplikasi SehatQ yang mudah diakses melalui smartphone. Semua kebutuhan kesehatan pengguna dengan mudah dapat diakses hanya lewat satu aplikasi. Tidak hanya direktori rumah sakit, namun juga menghubungkan pengguna dengan hampir 8087 dokter, mulai dari dokter umum, ortopedi, mata, saraf, paru, hingga dokter kandungan, dan masih banyak lagi.

Tersedia informasi lengkap tentang dokter yang ada. Sehingga pengguna bisa mendapatkan pertimbangan awal untuk memilih dokter yang diinginkan. Termasuk memilih dokter selama masa kandungan.

Pertimbangan memilih dokter kandungan

pertimbangan memilih dokter kandungan

Secara umum, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan dokter mana yang akan menangani selama masa kehamilan hingga proses persalinan. Mencari tahu informasi awal adalah hal utama yang bisa dilakukan.

1. Cari referensi

Selama masa kehamilan, maka pemeriksaan yang dilakukan seringnya di area sensitive. Hal ini tidak bisa sembarangan sehingga butuh dokter yang terpercaya dan merasa cocok dengan pasien. Carilah sebanyak mungkin referensi. Bisa dengan membuat list dokter-dokter obgyn yang tersedia. Cari juga informasi mengenai klinik atau rumah sakit tempat praktiknya agar memudahkan pasien setiap melakukan pemeriksaan. Pasien juga harus memilih rumah sakit tempat pemeriksaan, menjalani pemeriksaan laboratorium, hingga proses persalinan. Pastikan dokter obgyn yang dipilih praktik di rumah sakit yang pasien inginkan. Pertimbangkan juga faktor kepadatan agar tidak terlalu mengantri saat melakukan pemeriksaan kandungan. Semua informasi yang dibutuhkan ini tersedia di aplikasi maupun website SehatQ.

2. Ketahui pandangan dokter

Penting untuk menentukan metode melahirkan sejak awal masa kehamilan, memilih normal atau operasi caesar.  Keputusan ini akan memudahkan pasien memilih dokter yang menangani selama masa kehamilan. Cari dokter yang punya visi yang sama. Diskusilah dengan dokter dan mintalah pendapatnya mengenai kelahiran normal, caesar, dan hal-hal lainnya.

Cari tahu juga pengalaman dokter tersebut menangani berbagai kelahiran. Ada dokter yang ahli menangani kelahiran normal, ada juga yang mahir menangani operasi caesar. Kemudian pilih sesuai dengan keinginan pasien.

3. Pelajari riwayat kesehatan

Bagi pasien yang punya riwayat penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, dan sebagainya, akan memerlukan perawatan khusus selama masa kehamilan.

Sehingga pasien akan butuh ditangani oleh dokter berpengalaman sebab kondisi kehamilan akan berisiko tinggi. Tidak salah untuk bertanya pada dokter pengalaman yang dia miliki selama menangani komplikasi ketika masa kehamilan hingga melahirkan. Hal ini agar ketika proses persalinan bisa lebih berjalan lancar dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Rasa nyaman dan kesesuaian dengan dokter

Pilihan dalam memilih dokter yang akan menangani selama masa kehamilan, salah satunya dipengaruhi oleh faktor kenyamanan. Orang cenderung memilih dokter yang nyaman untuk menjadi ‘teman konsultasi’ selama lebih kurang sembilan bulan.

Pastikan dokter kandungan yang dipilih bisa menerima dan menghargai keinginan pasien, merasa nyaman bercerita dan mengajukan pertanyaan apapun, serta pastikan dokter dapat menjelaskan dengan detail semua pertanyaan yang dilontarkan. Dengan melakukan tips-tips di atas, dipastikan pasien dapat menemukan dokter yang terbaik yang akan menemani selama Sembilan bulan masa kehamilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here