Trend Batik Modern Indonesia Di Kancah Internasional

Onlylaila.com, Siapa yang tidak kenal batik? Batik adalah hasil karya seni budaya anak Bangsa Indonesia. Trend Batik telah kembangkan oleh banyak orang dengan berbagai macam motif  dan warna yang telah dibuat dengan berbagai macam cara.

Sekarang banyak sekali motif yang disesuikan dengan model baju yang lebih modern. Batik terdapat dua jenis yaitu batik tradisional dan batik modern, Nah kali ini kita akan membahas trend batik modern. Sebelum itu kita tengok sejarah batik modern terutama di Indonesia.

Awal kemunculan batik modern muncul dari imigran Indonesia ke Malaysia dengan membawa kain batik khas Indonesia sekitar tahun 1920an.

Pembatik yang berasal dari Jawa yang berada di pesisir Malaysia bagian timur memperkenalkan pembuatan batik dengan menggunakan wax dan blok tembaga. Tidak hanya itu saja, batik modern dunia juga diyakini sebagai hasil diperkenalkannya batik jawa kepada komunitas amborigin di Australia.

Selain itu, Batik modern muncul seiring dengan berkembangnya era globalisasi dan banyaknya industri. Hadir tanpa menggunakan nama daerah ataupun ketentuan khusus dalam pembuatannya, dengan kata lain batik modern merupakan batik hasil kreasi bebas.

Batik modern tentunya berbeda dengan batik klasik, dimana batik klasik teknik pembuatanya lumayan rumit dan tempo yang cukup lama, serta kualitasnya pun memiliki citra dan nilai seni yang tinggi, dari segi harga pun jauh berbeda.

Batik Klasik Indonesia
Gambar: Kesolo

Pada  pola dasar  batik klasik biasanya menggunakan variasi motif, seperti kawung, parang, ceplok, tambal, nitik, tuntum. Berbeda dengan motif batik modern biasanya bersifat bebas dan tidak memiliki nama hanya sesuai dengan kreasi pembuatnya.

Batik modern sendiri merupakan batik yang cara pengerjaanya tidak terkait oleh aturan tertentu baik dalam hal pembuatan susunan motif atau warna yang digunakan. Maka dari itu batik modern lebih mudah dalam teknik pengerjannya dan lebih menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Trend batik modern lebih menonjolkan sisi keindahan dan menyesuaikan dengan model baju yang lebih modern agar tidak terlihat kuno. Batik ini cenderung lebih mudah ditemui di pasaran dibandingkan keberadaan batik tradisional dan harganya pun tidak telalu tinggi atau mahal.

Lalu apa yang membedakan batik tradisional dan batik modern? batik tradisional cenderung memiliki motif yang terikat dengan aturan setempat, jadi setiap tempat memiliki ciri khas masing-masing.

Batik tradisional cara pengerjaan nya membutuhkan waktu yang cukup lama, karena dilakuan dengan proses manual sehingga mempunyai seni dan harga yang tinggi. Berbeda dengan batik modern yang tidak terikan aturan apapun dan pengerjaanya bisa di bilang cukup mudah.

Motif Batik Tradisional
Gambar: Kesolo

Ciri-ciri batik modern biasanya menggunakan motif hiasan flora dan fauna, bahkan akhir-akhir ini banyak corak batik modern yang disesuaikan dengan keinginan kita.

Misalnya kita menyukai sepak bola atau klub sepak bola tertentu, kita bisa membuat batik dengan gambar bola atau logo grup bola yang kita sukai dan terlebih lagi batik modern corak nya tidak mepunyai filosofi, dan pemakaian warnanya pun beragam seperti warna ungu, merah muda bahkan warna pelangi.

Motif Batik Modern Indonesia
Gambar: Blogtika

Karena batik modern tidak mempunyai ciri khas ini menjadikan batik modern sangat berpeluang untuk menciptakan gaya batik jenis baru dengan corak-corak yang tak terbatas. Dan bagi para designer yang kreatif ini menjadi suatu peluang untuk menciptakan karya yang baru dan menjadi ciri khas.

Bentuk dan model batik modern pun sangat beragam tidak seperti batik tradisional yang kebanyakan hanya berupa kain samping dan kemeja resmi yang di pakai di acara tertentu. Batik modern bisa di aplikasikan di berbagai model jenis pakaian seperti, jas, jaket, t-shirt, sepatu, tas bahkan gaun pengantin.

Hal tersebut menjadikan batik modern sangat berpotensi di dunia model dan juga kita bisa menggunakan batik modern ini setap saat karena beragam model yang bisa kita aplikasikan sesuai kebutuhan.

Corak Batik Modern
Gambar: Radenwinata

Bicara soal batik modern memang tiada habis nya, warisan budaya kita yang satu ini sudah mendunia, bahkan artis-artis luar negeri pun banyak yang menggunakan batik seperti penyanyi asal inggris Adele, siapa sih yang tidak tau Adele?

Adele pernah menggunakan batik saat menyanyi di atas panggung. lalu ada pula Presiden Afrika Selatan yaitu Nelson Mandela, beliau memang mengaku sangat menyukai batik, tidak hanya dalam lawatanya ke Indonesia saja, namun dibeberapa waktu beliau sangat gemar menggunakan batik.

Lalu ada beberapa member boyband korea yang terlihat menggunakan batik saat melakukan aksi di atas panggung seperti member Super Junior Siwon dan juga member EXO Kai dan Sehun.

Duh jadi tambah bangga kan dengan warisan kita yang satu ini. Kita sebagai warga negara Indonesia harus lebih menghargai warisan batik ini, mau batik tradisional atau pun batik modern yang pasti ketika kita memakai batik sama saja dengan kita menghargai warisan leluhur kita.

Trend batik modern juga berdampak bagi ekonomi indonesia karena banyaknya peminat dan permintaan akan batik modern baik dari dalam maupun luar.

Tentunya ini merupakan peluang besar bagi industri batik modern karena kelebihan batik modern dalam produksi sangat baik, mengingat cara pembuatan batik modern ini yang lebih mudah dan cepat yaitu di cetak menggunakan mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *